Home 4.0 Gaungkan Pancasila, Kaukus Pancasila Sponsori Madrasah Vlog Competetition 2019

Gaungkan Pancasila, Kaukus Pancasila Sponsori Madrasah Vlog Competetition 2019

by Proklamator
Gaungkan Pancasila, Kaukus Pancasila Sponsori Madrasah Vlog Competetition 2019

Proklamator – Dakwah Pancasila oleh kelompok millenial utamanya pelajar Madrasah Aliyah kelas X-XI menjadi program yang digagas bersama antara Kaukus Pancasila dengan Yayasan Kepak Sayapku. Sejak diumumkan pada tanggal 23 Oktober 2019 lalu, lomba pembuatan vlog bertajuk “Membumikan Pancasila, Ini Tanah Airmu Tanah Nusantara Merdeka”, 328 vlogger mendaftar mewakili sekolah masing-masing.

Panitia melakukan penyaringan awal untuk 30 vlog terpilih dan kepada pembuatnya diberikan workshop oleh para cinematografis dari mulai tanggal 27 November sampai dengan 1 Desember 2019 di Wisma Kinasih, Depok. Usai workhop, para peserta diberi tantangan untuk membuat film pendek baru dan 3 vlog terbaik kelak karyanya akan diputar di acara festival kebudayaan di Eropa tahun depan. Tema tantangan yang akan datang adalah tetap sama yaitu “Toleransi, Cinta Tanah Air dan Persatuan Bangsa dengan jiwa Pancasila”

Di antara 30 vlog hasil seleksi awal terpilih 3 vlog terkeren yaitu pertama, vloger Hofifah Saura Ramadhani dari MAN 1 Ngawi, Jatim dengan tema Cinta Tanah Air. Terkeren kedua, Vloger Laraisa Tabina dari MAN Insan Cendekia, Pasuruan, Jatim dengan Tema Toleransi dan Cinta Tanah Air. Ketiga, Vloger Ashar Asraka Katili dari MAN Fak Fak, Papua Barat dengan tema Toleransi.

Eva Sundari, selaku Ketua Kaukus Pancasila, berterima kasih kepada pihak Pemerintah terutama Kemenko PMK, Kemenag, dan BRI yang telah mendukung penuh kegiatan Kompetisi Vlog tersebut.

“Ini menunjukkan bukti yang kuat bahwa Pancasila dan Islam tidak diametral dan keduanya beririsan secara kongruen sebagaimana dibuktikan oleh para vloger dari madrasah-madrasah se Indonesia tersebut,” ujar Eva Sundari dalam keterangannya, Senin (02/12/19).

Ketua Kaukus Pancasila Eva K. Sundari dan Ketua Kepak Sayapmu, Anis Jumilah.

Sementara Ketua Yayasan Kepak Sayapku, Anies Jumilah menyampaikan kesannya, “Saya gembira dengan antusiasme para peserta, saya percaya mereka adalah pendakwah-pendakwah Pancasila yang efektif kepada sesama milenial karena kesamaan sudut pandang dan selera”. Anies menyiapkan hadiah tambahan untuk 5 vlog yang paling banyak “di-like” di YouTube.

Baca Juga :   8 Negara Ini Pamerkan Teknologi Keamanan Siber di CSI 2019

Sementara itu Deputy Kemenko PMK Bidang Kebudayaan, Nyoman Shuida juga menyatakan kepuasannya atas suksesnya Kompetisi Vlog teraebut.

“Saya berharap lomba yang sama dapat diulang tahun depan dengan peserta yang diperluas misalnya dari Ponpes-Ponpes se Indonesia,” katanya dengan antusias.

Artikel Lainnya

Apakah kelemahan kita: Kelemahan kita ialah, kita kurang percaya diri sebagai bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah Rakyat Gotong Royong. Terima Baca Selengkapnya

Untuk Diperhatikan!
close