Kabar Gembira, Hubungan Diplomatik RI dan Saudi Arabia Hasilkan Penjadwalan Pelaksanaan Umroh bagi Indonesia - Ever Onward Never Retreat
Connect with us

Hi, what are you looking for?

Foto Ilustrasi Ka'bah di Mecca, Saudi Arabia/Pixabay

+62

Kabar Gembira, Hubungan Diplomatik RI dan Saudi Arabia Hasilkan Penjadwalan Pelaksanaan Umroh bagi Indonesia


Proklamator.id – Kabar gembira bagi masyarakat Indonesia yang mempunyai harapan untuk berangkat Umroh di Saudi Arabia, seiring dengan perkembangan penanganan COVID-19 di Indonesia dengan penyebaran yang semakin melandai.

Setelah melalui pembahasan dari Menteri Luar Negeri, Menteri Kesehatan dan Menteri Agama, maka Pemerintahan Kerajaan Arab Saudi dengan nota diplomatik Kedutaan Besarnya di Jakarta pada tanggal 8 Oktober 2021.

Dalam nota diplomatik tertulisnya, Pertama, bahwa ​Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umroh bagi jamaah umroh Indonesia.

Kedua yakni Komite khusus di Kerajaan Saudi Arabia sedang bekerja saat ini guna meminimalisir segala hambatan yang menghalangi kemungkinan tidak dapatnya jamaah umroh Indonesia untuk melakukan ibadah umroh.

Sehingga, nota diplomatik juga juga disebutkan bahwa kedua pihak dalam tahap akhir pembahasan mengenai pertukaran link teknis dengan Indonesia yang menjelaskan informasi para pengunjung berkaitan dengan vaksin dan akan memfasilitasi proses masuknya jamaah.

Nota diplomatik juga menyebutkan mempertimbangkan untuk menetapkan masa periode karantina selama 5 hari bagi para jamaah umrah yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan.

Tentunya, kabar baik ini akan kita tindaklanjuti dengan pembahasan secara lebih detail mengenai teknis pelaksanaannya.

Pertemuan Menlu RI dan Saudi Arabia terakhir, terjadi di sela-sela pelaksanaan Sidang Majelis Umum PBB ke-76 di New York.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kemenlu akan terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan serta dengan otoritas terkait di Kerajaan Saudi Arabia mengenai pelaksanaan kebijakan Pemerintah Saudi Arabia yang baru ini.

Baca Juga:   Hubungan Baru Arab Saudi Dengan Iran Kurangi Konflik Syiah dan Sunni
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WWW

Proklamator.id – Arab Saudi dikabarkan pada Minggu (03/10/2021) melakukan komunikasi pertamanya dengan pemerintahan baru Iran. Hal tersebut sebagai proses untuk mengurangi ketegangan yang persaingan...

Advertisement
close