Home Literasi Kenali Deretan Bos Startup Yang Kini Jadi Pembantu Jokowi

Kenali Deretan Bos Startup Yang Kini Jadi Pembantu Jokowi

by Proklamator
STAFF

2. Adamas Belva Syah Devara, CEO Ruang Guru

Sosok pendiri startup Ruang Guru Adamas Belva Syah Devara resmi menjadi staf khusus Jokowi, ia diperkenalkan oleh Presiden Jokowi sebagai Staf Khusus Presiden pada Kamis (21/11/2019) lalu.

Belva Devara masuk sebagai satu di antara Staf Khusus Presiden di kalangan usia muda atau milenial.

Pendiri Ruang Guru itu rupanya memiliki rekam jejak yang cukup mumpuni. Dimna dirinya merupakan pria kelahiran Jakarta, 30 Mei 1990.

Ia merupakan lulusan SMP Al Azhar 4 Jakarta dan SMA Presiden.

Setelah lulus, Belva Devara menempuh pendidikan ke Nanyang Technological University, Singapura dengan gelar ganda (double degree) Bisnis dan Ilmu Komputer.

Saat itu Belva Devara juga mendapatkan beasiswa penuh untuk studi di Nanyang.

Tak sampai disitu, Belva Devara juga berhasil menyabet gelar Master of Bussiness Administration (MBA) dari Harvard University pada 2014 – 2016.

Dengan berbagai rekam jejaknya, Belva Devara berhasil meraih sederet perhargaan seperti Promising Southeast Asian Entrepreneurs Under 30 Tahun 2016 dari Tech In Asia, Forbes 30 Under 30 pada 2017.

Pada tahun 2018, Belva Devara mendapatkan penghargaan ASEAN 40 Under 40 dan dinyatakan sebagai satu dari 40 orang berpengaruh di bawah usia 40 tahun di ASEAN.

3. Putri Tanjung CEO Creativepreneur

Putri Tanjung lahir pada 22 September 1996. Kini dia berumur 23 tahun. Dia adalah putri sulung pengusaha nasional Chairul Tanjung.

Putri merupakan founder dan CEO Creativepreneur Event Creator, perusahaan penyelenggara acara (event organizer) yang didirikannya pada Desember 2011. Awalnya, perusahaan itu bernama El Paradiso. Dilansir dari situsnya, Creativepreneur Event Creator bertujuan menyelenggarakan acara yang menghibur sekaligus menginspirasi anak muda.

Baca Juga :   Benarkah Startup Besutan Perempuan Sulit Berkembang?

Sebelum mendirikan CEO Creativepreneur Event Creator, Putri Tanjung pernah magang sebagai Marketing Assistant di MTV Asia selama dua bulan, yakni pada November dan Desember 2012. Dilihat dari profil LinkedIn-nya, Putri dulu bersekolah di Anglo-Chinese Jakarta (2006-2011). Dia melanjutkan pendidikannya ke Australian International School Singapore (2012-2014).

Gelar sarjana dia raih dari Academy of Art University, jurusan Multimedia Communication, San Francisco, AS (2015-2019). Semasa kuliah, Putri menjadi Ketua Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat Academy of Art University San Francisco (Permias AAU).

Saat memperkenalkan Putri Tanjung sebagai Staf Khusus Presiden, Jokowi mengaku sempat kaget. Di usia 23 tahun, Putri merupakan Staf Khusus Presiden termuda saat ini.

“Putri Indahsari Tanjung umur sangat muda 23, saya juga kaget. Ini lulusan di Academy of Arts di San Francisco. Kita sering dengar sebagai CEO Creativepreneur dan Chief Business Officer Kreavi,” ucap Jokowi di Istana Merdeka, Kamis (21/11/2019)

Seusai perkenalan, Putri Tanjung mengucapkan terima kasih kepada Jokowi yang sudah memberi kepercayaan kepadanya di usia 23 tahun. Putri sendiri memang sudah mulai berkarya sejak usia 15 tahun.

“Terima kasih Pak Jokowi sudah mempercayai saya untuk jadi staf khusus di umur yang 23 tahun ini. Jadi memang saya dari umur 15 tahun sudah berkarya sendiri. Mencoba untuk independen,” kata Putri Tanjung.

Artikel Lainnya

Apakah kelemahan kita: Kelemahan kita ialah, kita kurang percaya diri kita sebagai bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah Rakyat Gotong Royong. Terima Baca Selengkapnya

Untuk Diperhatikan!