Mahasiswa KKN UINSA dan UGM, Pemdes Sumberurip Berkolaborasi Gelar Bazar UMKM - Ever Onward Never Retreat
Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pemotongan Pita oleh Kepala Desa Sumberurip, Slamet Hari Abdi pada acara Bazar UMKM Urip Urup di Desa Sumberurip, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, pada Sabtu (6/8/2022). Acara tersebut sekaligus di inisiasi oleh Mahasiswa KKN UINSA dan UGM. Dok Istimewa.

+62

Mahasiswa KKN UINSA dan UGM, Pemdes Sumberurip Berkolaborasi Gelar Bazar UMKM


Proklamator ID – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya dan Universitas Gadjah Mada (UGM) bersama Pemerintahan Desa Sumberurip menginisasi untuk mengadakan kegiatan bazar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Urip-Urup di Lapangan Takraw Desa Sumberurip, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Kendati demikian, acara bazar tersebut, menurut Kepala Desa Sumberurip, Slamet Hari Abri mengungkapkan bahwa Bazar UMKM Urip-Urup dilatarbelakangi adanya perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke – 77. Acara tersebut diiringi dengan hiburan tradisional dan edukasi terhadap masyarakat.

“Tujuannya untuk memeriahkan HUT RI ke-77 yang diikuti mahasiswa KKN UGM dan mahasiswa KKN UINSA dalam kolaborasi, kegiatan ini fokus memberikan hiburan juga memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya desa sumberurip”, ungkap Slamet pada Sabtu (6/8/2022).

Ia menyampaikan, dalam pidatonya berharap bahwa dengan adanya bazar ini sebagai pemantik awal bangkitnya UMKM skala pedesaan dan Kelompok Swadaya Masyarakat. Pasalnya, pandemi Covid-19 telah memperburuk aktivitas perekonomian masyarakat setempat.

“Acara ini sekaligus juga merangsang ke depan UMKM di desa ini bangkit dari masa pandemi secara perlahan dan pasti, (sehingga, pen) ekonomi nanti bisa tumbuh, Insyaa Allah ke depan program pemulihan ekonomi ini bisa maksimal”, ungkapnya.

“(Bazar ini, pen) bisa mendukung, membantu promo, dan pengenalan produk dari UMKM yang ada di wilayah desa Sumberurip, juga ajang POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) mengibarkan benderanya”, pungkasnya.

Baca Juga:   Peran Surat Kabar Sin Po, Mempopulerkan Kata Indonesia Pasca Sumpah Pemuda
Click to comment

Advertisement
close