Media Internasional Mewartakan Presiden Jokowi Dukung Amnesti Akademisi Soal Kritik Perekrutan Dosen - Ever Onward Never Retreat
Connect with us

Hi, what are you looking for?

Presiden baru Indonesia Joko Widodo meneriakkan "Merdeka" di akhir pidatonya, saat pelantikannya di gedung DPR di Jakarta, 20 Oktober 2014. Widodo mengambil alih sebagai presiden negara demokrasi terbesar ketiga di dunia pada hari Senin dengan Harapan para pendukungnya tinggi tetapi masalah ekonomi yang mendesak dan saingan yang skeptis akan menguji mantan pengusaha furnitur itu. - REUTERS/Darren Whiteside

+62

Media Internasional Mewartakan Presiden Jokowi Dukung Amnesti Akademisi Soal Kritik Perekrutan Dosen


Proklamator.id – Sebuah perjuangan yang tidak sia-sia, sebagaimana media Internasional seperti Reuters melaporkan kebijakan Presiden Indonesia, Joko Widodo sepakat untuk memberikan amnesti kepada seorang akademisi yang dipenjara pada bulan lalu.

Akademisi yang berprofesi dosen dari Provinsi Aceh, Saiful Mahdi dipenjara selama tiga bulan karena komentar yang dibuat dalam obrolan grup WhatsApp sesama akademisi, yang mengkritik proses perekrutan dosen.

Sehingga menjerat akademisi tersebut dikarenakan diduga pencemaran nama baik di bawah undang-undang internet yang kontroversial, kata seorang menteri, menyusul protes dari kelompok-kelompok hak asasi manusia yang mengatakan undang-undang tersebut berisiko membatasi kebebasan berbicara.

Kasus Saiful memicu keluhan atas kemudahan di mana orang dapat dituntut di Indonesia untuk komentar yang dibuat di platform perpesanan, termasuk komentar tentang orang yang bahkan tidak diidentifikasi. Bahkan Amnesty International menyebut undang-undang itu “sangat cacat”.

Salah satunya produk hukum yang dimaksud yakni Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) 2008 dirancang untuk mengatur aktivitas online, termasuk pencemaran nama baik dan ujaran kebencian.

Antara 2016 dan 2020, ada 786 kasus yang melibatkan hukum, dengan 88% dari mereka yang didakwa berakhir di balik jeruji besi, menurut Damar Juniarto dari kelompok advokasi digital, Jaringan Kebebasan Berekspresi Asia Tenggara (SAFEnet).

Jokowi mengatakan dia ingin merevisi undang-undang tahun ini. Sehingga, Pihaknya melalui Pemerintah telah membentuk satuan tugas untuk mengawasi dan memberikan pedoman bagi penegak hukum untuk menerapkan hukum secara lebih bijaksana.

Syahrul, pengacara Saiful, mengatakan kepada Reuters bahwa kliennya menghargai amnesti, yang tanpanya pengalamannya dapat “berdampak buruk pada kebebasan akademik dan berbicara.”

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dia mengatakan 38 sarjana di Australia menulis kepada presiden, meminta pengampunan Saiful. Istri Saiful, Dian Rubianty, menangis selama seminar online dan mengatakan kasusnya “telah mencuri tidur dari saya dan anak-anak saya”.

Baca Juga:   Presiden Ingatkan Pelaku Pasar Modal Waspadai Perekonomian Kuartal III

Menteri Keamanan Indonesia Mahfud MD pada hari Selasa mengatakan Jokowi, demikian presiden dikenal, telah menyetujui amnesti untuk Saiful dan akan menunggu umpan balik dari parlemen sebelum memberikan grasi.

Ditanya mengapa Jokowi mendukung amnesti dalam kasus Saiful, juru bicara kepresidenan merujuk Reuters ke menteri keamanan.

Amnesti presiden diberikan pada tahun 2019 kepada seorang wanita yang dipenjara di bawah undang-undang yang sama karena merekam panggilan telepon cabul dari bosnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PIDIOMU

Proklamator ID – Setelah mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison dan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Hotel Splendide Royal, Roma, Sabtu,...

FYI

Proklamator ID – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam pidato sesi debat Sidang Majelis Umum ke-76 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Kamis Pagi (23/09/2021), menegaskan bahwa...

CUAN

Proklamator.id – Indonesia dikabarkan akan menjadi negara dengan ekonomi terbesar ketujuh didunia pada tahun 2030, manakala cepat dan tanggap pada pertumbuhan digitalisasi disektor ekonomi...

NGASUS

Proklamator.id – Kabar membahagiakan datang dari Tanah Air. Permohonan amnesti untuk Saiful Mahdi telah resmi disetujui. Banyak pihak menyambut baik keputusan itu dan berharap...

Advertisement
close