Home IOT Menggunakan Informasi dan Teknologi Dengan Bijak

Menggunakan Informasi dan Teknologi Dengan Bijak

by Wiwid Widjojo
Media Sosial

Revisi Pasal Karet

Pemerintah membentuk tim kajian khusus dalam rangka mervisi sejumlah pasal dalam Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

  • Tim Kajian UU ITE dibentuk berdasarkan Keputusan Menkopolhukam No. 22 tahun 2021. Dalam payung hukum ini, tim akan mulai aktif bekerja sampai 22 Mei 2021.

 

  • Tugas dari Tim Kajian adalah mengkaji agar tidak terjadi multi tafsir dalam penggunaan pasal-pasal UU ITE.

 

  • Di dalamnya, Tim Kajian akan menyerap masukan dari penegak hukum dan masyarakat terkait dengan pelaksanaan UU ITE.

 

  • Tim akan melibatkan akademisi, praktisi, tenaga ahli, korban, pelaku tindak pidana UU ITE, aktivis, dan kelompok media sebagai narasumber untuk mendapatkan berbagai masukan guna melengkapi revisi pasal-pasal (pasal karet) yang ada di dalam UU ITE tersebut.

UU ITE sebagai criminal constitution atau criminal code sehingga akan memberikan kepastian hukum yang lebih luas kepada seluruh UU yang mungkin bernuansa penuh ketidakpastian hukum (pasal karet) dalam UU ITE.

Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Dianggap kontradiktif dengan hak kebebasan berekspresi masyarakat melalui ruang digital atau cyber space.

Virtual Police

Virtual police memberikan peringatan apabila menemukan konten atau tulisan atau gambar yang berpotensi melanggar pidana. Penyidik akan mengambil tangkapan layar untuk melakukan konsultasi dengan tim ahli yang terdiri dari ahli pidana, bahasa, dan ITE dan TIK.

Virtual Police akan memantau dan mendetaksi serta kroscek kebenaran isi konten juga mengedukasi.

  • Dibentuk untuk mencegah tindak pidana Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).
  • Dunia siber dapat bergerak dengan bersih, sehat dan produktif.
  • Edukasi dan pemberitahuan kepada pengguna medsos terkait konten yang disebarkan.
Baca Juga :   Pakde Karwo Apresiasi Penggunaan Teknologi Digital di Ngawi

Bijak Menggunakan Teknologi Informasi ▶️

Artikel Lainnya

Apakah kelemahan kita: Kelemahan kita ialah, kita kurang percaya diri sebagai bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah Rakyat Gotong Royong. Terima Baca Selengkapnya

Untuk Diperhatikan!
close