Pelaku UKM Harus di Edukasi Soal Dunia Digital - Ever Onward Never Retreat
Connect with us

Hi, what are you looking for?

Cara Top Up ShopeePay Header
Cara Top Up ShopeePay Header
Ilustrasi pembayaran untuk platform digital E-Commerece. PIXABAY

4.0

Pelaku UKM Harus di Edukasi Soal Dunia Digital


Proklamator.id – Pandemi Covid-19 telah mendorong para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk adaptif terhadap kehadiran teknologi digital. Tak lain, upaya ini dilakukan agar para pemilik usaha bisa menjawab perubahan perilaku konsumsi masyarakat dan mempertahankan bisnis mereka. Menangkap persoalan tersebut, Ecodoe menghadirkan program Localaris.

Program ini menawarkan sarana akses pengadaan digital, pendanaan UKM, pengembangan wawasan dan teknis untuk mendukung keberlangsungan usaha yang lebih baik dan berkelanjutan. Program Localaris turut didukung oleh sejumlah pihak seperti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Telkomsel, Telkomsel Innovation Center (TINC), dan Transformational Business Network Asia (TBN Asia).

Program Localaris diperkenalkan secara umum lewat webinar beberapa waktu lalu. Mengangkat tema “Menaikkelaskan UMKM Bersama Ecodoe”, webinar ini menghadirkan VP Brand Ecodoe Arief Susanto, CFO Ecodoe Wahju Prasetya, dan CEO Ecodoe Laras Widyaputri sebagai pembicara.

Kegiatan ini dihadiri oleh para pelaku UKM yang berasal dari berbagai daerah, seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Dalam webinar tersebut, Ecodoe memperkenalkan aplikasi UMKM Ecodoe. Platform ini ditujukan bagi pelaku UKM agar mendapatkan akses pasar yang lebih besar.

Sejatinya, aplikasi UMKM Ecodoe sama seperti e-commerce, namun barang yang dijual merupakan barang hasil kerajinan UKM dan berguna bagi konsumen yang menginginkan produk UKM dalam jumlah besar dan cepat.

“Apikasi UMKM Ecodoe telah berhasil merangkul lebih dari 1.000 UKM untuk bergabung. Sejalan dengan hal tersebut, tiap tahunnya Ecodoe menerima lebih dari 50 juta paket permintaan pengadaan produk lokal dari konsumen di berbagai lembaga,” ujar Laras Widyaputri, Founder dan CEO Ecodoe.

Selain lewat aplikasi UMKM Ecodoe, Localaris juga menghadirkan program pendampingan yang tersedia di laman UMKM Localaris. Melalui langkah ini, Ecodoe bersama sejumlah creator terus mendukung dan menggaungkan gerakan ‘Bangga Buatan Indonesia’. Dukungan terhadap program pemerintah ini menjadi upaya untuk memajukan perekonomian Indonesia lewat UKM.

Baca Juga:   Indonesia Mulai Dorong Implementasi Green Productivity

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
close