Home DELIVERY Pepatah Yang Dikutip Xi Jinping: Bagaimana Kita Mengejar Keunggulan Dalam Kehidupan?

Pepatah Yang Dikutip Xi Jinping: Bagaimana Kita Mengejar Keunggulan Dalam Kehidupan?

by Wiwid Widjojo

PROKLAMATOR – Demi bergerak ke arah modernisasi di Tiongkok pada abad terakhir, kaum muda selalu menjadi penggerak penting dalam mewujudkan transformasi sosial dan revitalisasi bangsa.

Presiden Tiongkok Xi Jinping sangat memperhatikan kaum muda, dan mendorong mereka agar mau bekerja keras dalam mengejar cita-citanya, serta berkontribusi terhadap impian Tiongkok.

Kegigihan, Ikhtiar

Ketika berbicara dalam sebuah forum bersama para dosen dan mahasiswa Peking University, Presiden Xi mengutip pepatah dalam artikel karya Liu Zhou dari Dinasti Selatan dan Utara (420-589 CE):

“Ketika menggali sumur, kita harus lebih dulu menggali lubang yang kecil, hingga akhirnya menemukan ceruk.”

Liu Zhou dari Dinasti Selatan dan Utara (420-589 CE): 

“Peribahasa ini berkisah tentang keberhasilan yang berasal dari ikhtiar berkelanjutan,” jelas Li Bo, Profesor di Nanjing Normal University.

Menurut Li, lewat peribahasa tersebut, Xi ingin mengajak kaum muda agar mereka selalu bersikap gigih dan bekerja keras untuk meraih karier dan kehidupan yang berhasil.

Kaum Muda dan Impian Tiongkok

Presiden Tiongkok telah berulang kali menegaskan, Impian Tiongkok tentang revitalisasi bangsa adalah milik bangsa dan setiap warga Tiongkok, termasuk kaum muda.

Ketika menjawab sebuah surat dari 34 anggota muda Partai Komunis Tiongkok yang ditugaskan sebagai tim medis untuk menangani epidemi di provinsi Hubei, Xi berkata bahwa “sebuah bangsa akan memiliki harapan besar, dan sebuah negara akan memiliki masa depan yang cerah jika generasi muda memiliki idealisme, serta mengemban tanggung jawab besar.”

Di antara 42.000 tenaga kesehatan yang ditugaskan untuk membantu provinsi Hubei dalam penanganan epidemi pada tahun lalu, lebih dari 12.000 orang termasuk generasi pasca-1990an, sebagian besar bahkan generasi “pasca-1995” dan “pasca-2000-an”.

Baca Juga :   Kongres XXI Ambon, GMNI Tentukan Ketua dan Sekjen Baru, Siapa Mereka?

Kisah pemuda dalam pemberantasan Covid-19 hanyalah salah satu contoh dari kiprah kaum muda Tiongkok yang berjuang untuk mewujudkan masa depan yang lebih cerah.

Dari kader-kader muda partai yang mengentaskan kemiskinan hingga guru-guru muda yang bekerja di pegunungan terpencil; dari petugas penjaga perdamaian dan tentara pelindung perdamaian dunia, hingga petugas pemadam kebakaran yang mempertaruhkan nyawanya demi memadamkan api; dari para pemain bola voli wanita yang merebut Piala Dunia dengan 11 kemenangan beruntun, hingga generasi muda yang ikut mewujudkan impian Tiongkok untuk “mencapai bulan”; kaum muda Tiongkok bertindak sesuai dengan perkataan Xi:

“Ikut serta dalam mewujudkan impian Tiongkok, yakni revitalisasi bangsa Tiongkok, adalah peluang yang jarang terjadi dalam kehidupan kita. Setiap pemuda harus memanfaatkan era tersebut dengan sebaik-baiknya, dan tampil sebagai pejuang dalam zaman baru.”

Artikel Lainnya

Apakah kelemahan kita: Kelemahan kita ialah, kita kurang percaya diri sebagai bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah Rakyat Gotong Royong. Terima Baca Selengkapnya

Untuk Diperhatikan!
close