Home Marhaenisme Radikalisasi Gerakan

Radikalisasi Gerakan

by Proklamator
Radikalisasi Gerakan

Sekapur Sirih

Buku yang diberi judul “Pergulatan GmnI Menuju Sosialisme Indonesia. RADIKAL”, adalah hasil dari pemikiran yang berkembang di lingkungan gerakan kader-kader GmnI beberapa tahun terakhir ini. Pemikiran tersebut adalah gagasan dan ide yang kemudian menjadi perdebatan yang rumit dan panjang di antara sesama kader. Perdebatan itu adalah upaya kader dalam mencari strategi baru (jalan baru) demi mengembalikan progresivitas dan radikalisasi gerakan bagi kebangunan cita-cita ideologi. Perdebatan itupun pada akhirnya menghasilkan sebuah pilihan strategi baru yang kemudian diputuskan dalam Kongres Luar Biasa GmnI 2001 Semarang, yang terus menguat dan mengkristal sampai saat ini.

Melihat perkembangan itu, kemudian tercetus sebuah ide tentang perlunya merangkai gagasan dan ide-ide yang berkembang itu dalam sebuah dokumentasi tertulis. Harapannya, tulisan itu akan memberikan stimulus dan élan baru bagi para kader lengkap dengan critic-self-critic-nya. Oleh karenanya diharapkan pula buku ini akan menjadi buku awalan yang akan memunculkan buku-buku lain oleh kader-kader GmnI maupun kader-kader nasionalis muda lainnya.

Buku ini disusun melalui pendekatan kesejarahan GmnI khususnya sejarah pergulatan pemikiran, konsepsi dan strategi organisasi yang mengalami pasang surut dari jaman ke jaman. Tentu saja unsur subyektifitas sangat mungkin terjadi dalam buku ini. Oleh karena itu maka penyusun mencoba untuk lebih komprehensif lagi dengan ikut memasukkan unsur-unsur konteks sejarah yang dipandang ikut mendukung dan mempengaruhi munculnya motivasi-motivasi ide, gagasan dan strategi pada masa itu, selain literatur-literatur yang mem-perkuat kejadian-kejadian sejarah itu.

            Selanjutnya buku ini khusus memuat tentang perdebatan ide dalam kurun waktu 2 (dua) tahun terakhir, yang kemudian melahirkan sebuah strategi baru sebagai proyeksi “jalan baru”, yang didasarkan pada sebuah refleksi atas pasang-surutnya perjuangan GmnI sejak sejarah kediriannya. Jalan baru itu ditujukan sebagai upaya GmnI menghadapi tantangan baru kebangsaan Indonesia yang berada dalam hegemoni imperium kapitalisme global yang dirasa telah merubah sekian nilai kehidupan kebangsaan di dalam masyarakat Indonesia.

          Terakhir, buku ini mencoba untuk sedikit mengangkat masalah ideologi sebagai paradigma organisasi yang dikaitkan dengan beberapa perdebatan wacana di tubuh kader khususnya mengenai relevansi ideologi dan keberadaan marhaenisme yang sempat dikait-kaitkan dengan “jalan ketiga”.

Baca Juga :   Kongres GMNI XXI Ambon, Gagal Dibuka Jokowi Ditindaklanjuti Juliari

          Sekali lagi, buku ini hanyalah awalan, yang tentunya memiliki banyak keterbatasan. Oleh karena itu maka critic-self-critic diharapkan mampu terbangun.

Jakarta, Maret 2003

Penyusun

Donny Tri I. Margiono

Artikel Lainnya

Apakah kelemahan kita: Kelemahan kita ialah, kita kurang percaya diri kita sebagai bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah Rakyat Gotong Royong. Terima Baca Selengkapnya

Untuk Diperhatikan!