Tiga Pertemuan Negara di Asia Tenggara. Sekjen ASEAN Sampaikan Hal Ini! - Ever Onward Never Retreat
Connect with us

Hi, what are you looking for?

Lim Jock Hoi, Sekretaris Jenderal Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). CNA/AP
Lim Jock Hoi, Sekretaris Jenderal Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). CNA/AP
Lim Jock Hoi, Sekretaris Jenderal Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). CNA/AP

WWW

Tiga Pertemuan Negara di Asia Tenggara. Sekjen ASEAN Sampaikan Hal Ini!


Proklamator.id – Sekretaris Jendral Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara atau Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) menyampaikan disetiap awal pertemuan, pihaknya memberikan updates kepada beberapa negara anggota (04/10/2021).

Agenda tersebut terdapat 3 pertemuan yang berbeda yakni Pertama, Pertemuan ASEAN Political-Security Community Council (APSC) ke-24. Kedua, Pertemuan ASEAN Coordinating Council (ACC) ke-30. Ketiga, Pertemuan ASEAN Foreign Ministers Meeting (AMM).

Dalam pertemuan tersebut Sekjen ASEAN menyampaikan antara lain:

  1. 98% lini aksi APSC Blueprint telah terlaksana. Berbagai kemajuan telah terefleksikan ​dalam bidang kerja sama politik dan keamanan, keamanan siber, promosi HAM, serta dalam bidang kerja sama politik dan keamanan, keamanan siber, promosi HAM, serta Women, Peace, and Security.
  2. Untuk isu Women, Peace, and Security misalnya, Sekjen menyampaikan bahwa sebagai upaya untuk mengarusutamakan isu WPS, saat ini tengah disusun ASEAN Regional Plan of Action on Women Peace and Security.
  3. ASEAN juga telah menyetujui permintaan aksesi TAC dari Denmark, Yunani, Belanda, Oman, Qatar, dan UAE.

Sedangkan dalam pertemuan ACC dan AMM, Sekjen sampaikan antara lain:

  1. Telah terdapat persetujuan terhadap TOR dari High Level Task Force (HLF) serta Roadmap untuk ASEAN Post-2025 Vision.
  2. Terkait dengan upaya mengatasi pandemi, Sekjen ASEAN melaporkan bahwa ASEAN SOM on Health Development telah menyetujui proposal untuk melakukan procurement (pembelian) vaksin COVID-19 dari UNICEF dalam waktu satu minggu ke depan. UNICEF juga akan akan memfasilitasi distribusi vaksin tersebut kepada negara-negara ASEAN.
  3. Selain itu, terkait dengan ASEAN Travel Corridor Arrangement Framework (ATCAF), tengah dijajaki sebuah common approach atau langkah-langkah untuk memverifikasi sertifikasi vaksin negara ASEAN. Upaya ini dipimpin oleh Indonesia di tingkat Working Group.

Sehubungan dengan situasi di Rakhine State, Ad Hoc Support Team dari Sekretariat ASEAN telah menjalankan proyek prioritas dan Sekretariat ASEAN saat ini sedang mengkaji pemanfaatan Support Team untuk mendukung upaya kemanusiaan ASEAN di Myanmar, bukan hanya di Rakhine State.

Baca Juga:   Kontrol Sipil AS Terhadap Militer Semakin Goyah, Ini Sebabnya!

Terkait dengan kemitraan ASEAN dengan Inggris, Sekjen ASEAN merekomendasikan beberapa langkah untuk menindaklanjuti kemitraan dengan Inggris, termasuk penyusunan ASEAN-UK Plan of Action serta pembentukan ASEAN-UK Trust Fund. Sekjen juga mengusulkan Brunei sebagai country coordinator kemitraan ASEAN dan Inggris untuk 2021-2024.

Pertemuan tersebut, juga dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi dan Menkopolhukam, Mahfud MD yang mengikuti pertemuan ASEAN Political-Security Community Council (APSC) ke-24.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WWW

Proklamator.id – Indonesia melalui KBRI Yangon serahkan bantuan kemanusiaan untuk Myanmar di Warehouse Myanmar Red Cross Society (MRCS) pada 30 September 2021. Penyerahan secara...

Advertisement
close