Upaya Pengenalan Sosial dan Budaya Indonesia, ​KBRI Bucharest Buka Program Kursus BIPA - Ever Onward Never Retreat
Connect with us

Hi, what are you looking for?

Gedung KBRI Bucharest di Rumania/Wikimedia

WWW

Upaya Pengenalan Sosial dan Budaya Indonesia, ​KBRI Bucharest Buka Program Kursus BIPA


Proklamator.id – KBRI Bucharest kembali memberikan perhatian serius penyelenggaraan kursus bahasa Indonesia sebagai pintu gerbang pengenalan budaya bangsa Indonesia kepada Warga Negara Rumania dan Moldova.

Hal tersebut dibuka oleh KBRI Bucharest pada 2 Oktober 2021 ditandai pembukaan perdana kursus bahasa Indonesia secara daring di KBRI Bucharest, Rumania.

Kursus tersebut dihadiri oleh 9 orang dari 17 peserta yang mendaftar sebelumnya, pengajarannya diampu oleh Angelica Hirono.

Alasan Indonesia membuka kursus tersebut, diharapkan memberikan kegiatan baik sosila budaya maupun ekonomi dapat berjalan dengan baik.

Meskipun jumlah peserta tidak begitu banyak, namun para alumni kursus bahasa Indonesia nantinya dapat digabungkan dalam Friends of Indonesia dan dilibatkan dalam diplomasi budaya, pariwisata maupun sosial Indonesia.​

Berbeda dengan kursus sebelumnya yang dilakukan dengan metode tatap muka, selama masa pandemi, kursus bahasa Indonesia dilakukan secara daring.

Hal ini membuat outreach promosi kebudayaan Indonesia semakin luas dengan menjangkau kota-kota lain di Rumania dan Republik Moldova.

Sebagai tindak lanjut, para peserta kursus nantinya dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi melaui Program LINGUA yang diajarkan dengan metode Common European Framework of Reference for Language (CEFR) oleh Universitas Airlangga Surabaya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Program tersebut merupakan hasil dari kerja sama yang telah tertuang dalam Nota Kesepahaman tentang Penyelenggaraan Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Bahasa Asing di Rumania dan Republik Moldova antara KBRI Bucharest dan Universitas Airlangga Surabaya.

Sehingga, Lebih lanjut disampaikan bahwa KBRI secara rutin akan mengadakan kursus tersebut setiap tahunnya.

​Secara umum, sesi pembukaan dan pengajaran perdana kursus Bahasa Indonesia berjalan dengan baik dan diikuti secara antusias oleh para peserta.

Baca Juga:   Jokowi Hadiri Pertemuan KTT G20 Italia 2021

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
close