Home 4.0 WFH, Ini 7 Daftar Software Yang Akan Menunjang Efektivitasmu

WFH, Ini 7 Daftar Software Yang Akan Menunjang Efektivitasmu

by Wiwid Widjojo
Work From Home. GETTY IMAGES

PROKLAMATOR – Sekarang semakin banyak perusahaan yang mencoba mengadopsi budaya Work from Home (WFH). Inilah mengapa pemakaian software sangat penting untuk membantu meningkatkan produktivitas karyawan yang bekerja dari rumah.

Indonesia masih dihantui oleh Covid-19 yang mengganggu aktivitas bisnis semenjak Maret 2020 lalu. Situasi ini memaksa sejumlah perusahaan untuk memberlakukan sistem WFH untuk mencegah penyebaran virus Corona. Sayangnya, banyak karyawan kantor yang sulit berkolaborasi ketika bekerja dari rumah. Akan tetapi, masalah kolaborasi internal dan produktivitas karyawan sebetulnya bisa diatasi dengan menggunakan software yang tepat.

Ada banyak software yang dapat membantu memudahkan kerja dari rumah. Bahkan, sejumlah startup di Indonesia mencoba berinovasi dengan meluncurkan berbagai jenis software yang memudahkan WFH, seperti software akuntansi, procurement, meeting room, manajemen proyek, CRM, manajemen penjualan, hingga software manajemen manufaktur. Berikut tujuh daftar software yang dapat membantu menjaga produktivitas karyawan Anda saat bekerja dari rumah.

Jurnal.id

Jika Anda sudah berkecimpung cukup lama di bidang akuntansi, maka Anda pastinya tidak akan asing dengan Jurnal.id. Jurnal merupakan salah satu aplikasi cloud accounting yang populer di kalangan pengusaha kelas menengah, UMKM, hingga korporasi. Jurnal.id menghadirkan berbagai fitur menarik seperti laporan keuangan, pembuatan faktur, rekonsiliasi bank, manajemen aset dan pelacakan persediaan. Salah satu keunggulan Jurnal.id adalah biaya berlangganannya yang masih tergolong terjangkau dan bebas biaya tambahan.

ClickWork.co

ClickWork.co merupakan startup teknologi yang berdiri sejak 27 April 2020 dengan mengusung “Smart Business Software”. ClickWork.co cocok buat perusahaan yang membutuhkan satu aplikasi untuk semua kebutuhan bisnis (All-in-One) seperti sistem akuntansi untuk mencatat laporan keuangan, manajemen proyek, komunikasi terintegrasi dengan WhatsApp, manajemen faktur, manajemen penjualan, CRM, timesheet management, software procurement, manajemen aset, manajemen gudang, dan software manajemen manufaktur atau produksi.

Baca Juga :   Gen Y dan Gen Z, Gaji Bukanlah Segalanya

ClickWork.co adalah solusi yang tepat karena software ini sudah mencakup semua kebutuhan bisnis dari hulu hingga ke hilir. Tak hanya itu saja, harga berlangganan ClickWork.co pun terjangkau dan cocok bagi bisnis UMKM hingga perusahaan setingkat korporasi. Kelebihan lainnya adalah ClickWork.co sangat mudah digunakan karena memiliki dasbor yang informatif dan bisa diakses dari perangkat apapun.

Paper.id

Jika Anda sedang mencari software invoice dengan harga bulanan yang terjangkau, kami merekomendasikan Paper.id. Fungsi utama dari Paper.id adalah mengotomatiskan penagihan pembayaran kepada pelanggan Anda. Seringkali pemilik bisnis lupa di mana ia menyimpan daftar tagihannya, mana saja tagihan belum lunas, atau klien mana saja yang belum menyelesaikan pembayarannya. Paper.id cocok digunakan bagi para pengusaha yang bergerak di industri jasa, jual beli, dan F&B.

EQUIP Lite

Equip Lite merupakan produk Saas ERP dari PT. HashMicro Solusi Indonesia yang sama-sama mengusung all-in-one solution, mirip dengan kompetitornya, ClickWork.co, yang sama-sama memiliki kelengkapan fitur. Akan tetapi, Equip Lite lebih cocok untuk perusahaan yang memiliki aktivitas organisasi yang lebih kompleks.

Fiturnya EQUIP Lite tidak jauh berbeda dibandingkan software ERP pada umumnya, namun perbedaannya terletak pada modul-modulnya yang tidak dapat dikostumisasi, sementara Software ERP lainnya bisa dikustom sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Kelebihan dari EQUIP Lite adalah harganya yang lebih terjangkau daripada Software ERP pada umumnya. Hal ini menjadikan Equip Lite cocok bagi perusahaan yang membutuhkan sistem ERP dengan fitur yang lengkap, seperti akuntansi, HRIS, CRM, manajemen penjualan, manajemen proyek, manajemen gudang, procurement, hingga manufaktur.

Zoom

Selama masa Covid-19 banyak perusahaan yang menerapkan social distancing sehingga pegawai banyak yang menghindari bertemu langsung. Zoom adalah salah satu solusi agar pertemuan atau rapat tetap berjalan produktif. Aplikasi ini punya berbagai fitur yang menarik seperti share screen untuk presentasi, ruang meeting yang bisa dihadiri hingga 100 orang, video call, dan juga digunakan untuk Seminar. Zoom sendiri tergolong terjangkau karena memiliki free plan atau gratis. Jadi software ini bisa dijadikan solusi bagi Anda yang sedang mencari meeting room online gratis dan mudah digunakan.

Baca Juga :   PSBB, "A Forced Migration" and For Who New Normal?

WhatsApp

Komunikasi selama periode work from home sangatlah penting untuk dibangun dan dijaga. Untuk hal yang satu ini, sejumlah perusahaan di dunia banyak mengandalkan platform WhatsApp. Selain gratis, WhatsApp juga mudah digunakan oleh siapa saja. Membuat grup untuk diskusi seputar pekerjaan, melakukan panggilan video, hingga mengirim dokumen semua bisa dilakukan di WhatsApp. Di antara berbagai pilihan aplikasi chatting yang ada di Google Playstore, WhatsApp bisa dibilang sebagai platform yang paling banyak digunakan.

Trello

Menjaga koordinasi antar divisi di perusahaan bukanlah pekerjaan mudah. Seorang manajer harus memahami beban kerja timnya serta divisi lain di perusahaan agar proyek bisa diselesaikan tepat pada waktunya. Namun di masa-masa WFH seperti sekarang, menjaga koordinasi antar tim sangatlah sulit tanpa bantuan software. Maka dari itu, sejumlah perusahaan mulai menggunakan Trello untuk mengatur pembagian tugas dan koordinasi antar tim. Dengan Trello, sang manajer lebih mudah memantau progres pengerjaan sebuah proyek dan memberikan solusi yang tepat untuk masalah yang ditemui saat bekerja.

Jadi…

Kerja dari rumah bukan lagi sebuah alasan bagi karyawan untuk tidak menjaga produktivitasnya. Dengan menggunakan berbagai software dan aplikasi, karyawan bisa tetap menjaga koordinasi, komunikasi, hingga memudahkan pengelolaan proyek yang dijalankannya. Tujuh aplikasi di atas adalah solusi terbaik yang bisa digunakan perusahaan untuk tetap produktif selama masa WFH. Aplikasi manakah yang sudah Anda gunakan selama periode WFH kali ini?

Artikel Lainnya

Apakah kelemahan kita: Kelemahan kita ialah, kita kurang percaya diri sebagai bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah Rakyat Gotong Royong. Terima Baca Selengkapnya

Untuk Diperhatikan!
close